Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Jenis, Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran

Rikaariyani.com- Tak dapat dipungkiri, media pembelajaran sudah menjadi suatu kebutuhan dalam proses pembelajaran. Salah satu peran penting media pembelajaran adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa, terutama bagi siswa kelas rendah. Namun, sayangnya tidak semua guru mampu memanfaatkan media pembelajaran dengan baik. 

Apa itu media pembelajaran? dan apa saja fungsinya? Simak pembahasannya di dalam artikel berikut ini:

 



Pengertian Media Pembelajaran

Media pembelajaran yaitu segala bentuk alat komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi kepada peserta didik sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif. 

Media pembelajaran juga dapat diartikan sebagai sarana untuk menyampaikan materi pembelajaran, baik dalam bentuk cetak maupun non cetak sehingga dapat merangsang minat dan perhatian peserta didik dalam belajar.

Menurut Fitriana (2018), media pembelajaran merupakan alat atau sarana penunjang yang dapat digunakan seorang guru dalam menyampaikan informasi agar diterima dengan baik. 

Menurut Latuheru (1988: 14) media pembelajaran adalah semua alat atau benda yang digunakan dalam proses pembelajaran, dengan maksud menyampaikan pesan (informasi) pembelajaran dari sumber (guru
maupun sumber lain) kepada peserta didik.

Sedangkan menurut Sadiman (2008: 7), media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan. Dalam hal ini adalah proses merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sehingga proses belajar dapat terjalin.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta didik dalam belajar. Media pembelajaran dapat berupa alat, bahan, maupun keadaan yang digunakan sebagai perantara komunikasi dalam proses pembelajaran.

Jenis Media Pembelajaran

Ada beberapa jenis media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Media Grafis

Media grafis yakni media visual yang dapat menyajikan fakta, ide, dan gagasan melalui kata-kata, kalimat, angka-angka, simbol ataupun gambar. Contohnya , poster, grafik, peta, sketsa, dan lain sebagainya.

2. Media Audio 

Media audio yakni media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif, baik verbal maupun non verbal, seperti radio, alat perekam, dan lain sebagainya,

3. Media Proyeksi 

Media Proyeksi yakni media visual yang dapat digunakan melalui bantuan proyektor. Media ini memberikan rangsangan-rangsangan visual melalui indera penglihatan, seperti film, televisi, dan video. 

Fungsi Media Pembelajaran 

Media pembelajaran memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  1. Media pembelajaran berfungsi untuk menarik perhatian peserta didik agar konsentrasi pada materi pembelajaran.
  2. Media pembelajaran dapat membantu peserta didik yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.
  3. Dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik
  4. Dapat memberikan stimulasi belajar sehingga peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Menurut Rowntree, fungsi media pembelajaran, yaitu: 1) membangkitkan motivasi belajar, 2) mengulang apa yang telah dipelajari, 3) menyediakan stimulus belajar, 4) mengaktifkan respon siswa, 5) mem-
berikan umpan balik dengan segera.

Manfaat Media Pembelajaran

Manfaat media pembelajaran dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:

  1. Media pembelajaran dapat menarik perhatian peserta didik sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
  2. Memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.
  3. Penggunaan media pembelajaran dapat menarik perhatian peserta didik sehingga mereka tidak bosan mengikuti pembelajaran.
  4. Memungkinkan peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran, seperti mengamati, melakukan, dan mendemonstrasikan.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, jenis, fungsi dan manfaat media pembelajaran. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Pengertian media pembelajaran menurut ahli

Manfaat media pembelajaran

Post a Comment for "Pengertian, Jenis, Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran"