Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Alumni Dalam Pengembangan Pendidikan di Sekolah

Peran Alumni Dalam Pengembangan Pendidikan di Sekolah- Alumni adalah aset yang sangat berharga dalam sebuah Lembaga Pendidikan. Alumni menjadi bagian yang tak terpisahkan dari proses Pendidikan di sekolah maupun di Pendidikan tinggi. 

Alumni memiliki peran yang sangat strategis dalam bidang akademik maupun non akademik. Alumni juga menjadi media evaluasi dan tolak ukur kesuksesan sebuah lembaga pendidikan.

 



Pengertian Alumni

Alumni adalah sebutan bagi siswa maupun mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia alumni adalah orang-orang yang telah tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi. Alumni dapat menjadi pemberi masukan  yang bersifat  membangun sebagai  bentuk  kontribusi kepada  lembaga  pendidikan  mereka.

Alumni  juga menjadi alat  pengukur  keberhasilan  proses  pendidikan  pada  suatu  lembaga  Pendidikan tertentu.

Peran Alumni dalam Pengembangan Pendidikan

Alumni memiliki beberapa peran penting dalam pengembangan Pendidikan di sekolah maupun di perguruan tinggi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Motivator

Alumni adalah siswa tamatan suatu sekolah yang telah melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau telah mengabdi ke tengah masyarakat dengan berbagai profesi dan pekerjaan. Alumni memiliki peran sebagai motivator bagi adik-adiknya yang sedang menimba ilmu di sekolah.

2. Alumni Sebagai Kontributor

Sebagai kontributor, alumni berperan untuk mengabdikan sesuatu, baik secara materil maupun moril. Secara materil dapat berupa barang maupun uang yang sifatnya tidak memaksa dari para alumni untuk almamaternya. Sedangkan secara moril adalah sesuatu yang bisa dimanfaatkan, seperti saran terhadap almamater, bantuan, atau memberikan kajian kepada adik-adiknya.

3. Berperan  dalam memberikan Bimbingan

Alumni harus mampu memberikan bimbingan dan berbagi ilmu kepada adik-adik kelasnya. Baik mengenai kegiatan organisasi maupun kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

4. Berperan Sebagai Akomodasi

Alumni juga berperan dalam mengakomodasi kebutuhan dari juniornya, baik dalam kegiatan lomba maupun kegiatan lainnya.

Menurut Badrudin (2014: 69), alumni memiliki beberapa peran strategis, diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan mutu Pendidikan dan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Alumni dapat memberikan berbagai masukan yang kritis dan membangun untuk kemajuan almamater mereka. 
  2. Alumni berperan untuk menarik minat calon siswa baru, karena alumni adalah acuan utama bagi para calon siswa untuk menentukan pilihan sekolahnya. 
  3. Alumni diharapkan juga mampu mengembangkan jaringan dan membangun pencitraan institusi di luar. 
  4. Alumni dapat memberika gambaran dan inspirasi kepada para siswa dan siswi terkait lapangan pekerjaan atau institusi Pendidikan sehingga dapat memotivasi mereka menentukan cita-cita mereka kedepan.

Demikian artikel mengenai peran alumni dalam pengembangan pendidikan, semoga bermanfaat.

*Artikel ini ditulis oleh Muhammad Syahdoe MZ, S.IP

Post a Comment for "Peran Alumni Dalam Pengembangan Pendidikan di Sekolah"